RIBATH NURUL HIDAYAH

AHLAN WA SAHLAN DI BLOGSPOT RIBATH NURUL HIDAYAH, Mohon Maaf Lahir dan Batin...

LEBIH JAUH TENTANG RIBATH

> PROFIL LENGKAP RIBATH

> Sejarah

> Rutinitas

> Pengurus

> Biaya Santri

> Mata Pelajaran

> Visi dan Misi

Hadirilah Majelis Rutin Setiap Malam Sabtu ba'da Isya di Pondok kami. insya Allah Barokah... dan dengan berkah itu, semoga kita dijadikan Allah sebagai Umatnya Nabi Muhammad SAW
RIBATH NURUL HIDAYAH
MUQODIMAH

Pendidikan bermutu tidak selalu identik dengan biaya yang mahal, tetapi tergantung dari mutu pengajar, sarana dan prasarana pendidikan serta metode system belajar itu di rancang dan di terapkan.

Ribath Nurul Hidayah hadir sebagai lembaga pendidikan yang menyiapkan generasi Islam dengan menggunakan sistem perpaduan antara Pondok Pesantren Jawa dan Arab fasilitas yang ada serta biaya yang terjangkau siap untuk mengemban amanah dan membekali Santriwan dan Santriwati dengan iman, ilmu dan amal sehingga menjadi anak Sholeh dan sholehah yang menjadi idaman setiap orang tua, harapan umat, generasi risalah illahi, asset yang akan memberikan rahmat di dunia dan akhirat kelak.

NAMA, KEDUDUKAN DAN SIFAT

1. Pondok Pesantren Bernama : RIBATH NURUL HIDAYAH
2. Berkedudukan : di Desa Bedug Kec. Pangkah Kab. Tegal Prop. Jawa Tengah
3. Bersifat : Swasta
4. Tidak terkait pada suatu golongan apapun

AZAZ, VISI DAN MISI,TUJUAN

Tiga (3) azaz :
1. ILMU
2. SULUK
3. DAKWAH

Visi:

1. “Bertaqwa,Beramal, Tanggap, Berprestasi, berakhlakul karimah, Berdakwah,”
2. Mewujudkan pesantren yang mampu menghasilkan lulusan yang dapat menguasai disiplin ilmu keislaman serta berakhlak mulia serta peduli kepada sesama.
3. Memantapkan iman dan taqwa serta mengembangkan ilmu pengetahuan keislaman untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat berdasarkan Al-Qur'an dan Assunnah.
4. Mencetak siswa unggulan untuk menjadi ahli dzikir, ahli pikir dan ahli ikhtiar, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi

MISI:
  1. Mengarahkan dan mengantarkan umat memenuhi fitrahnya sebagi khairu ummah yang dapat memerankan kepeloporan kemajuan dan perubahan sosial sehingga tercipta negara Indonesia sebagai Baldah Thayyibah dan Rabb Ghafur.
  2. Meningkatkan Motivasi Kepada asatidz untuk aktiv dan peka terhadap perkembangan dunia pendidikan untuk mendukung bagi profesinalisme asatidz demi kemajuan santri.
  3. Meningkatkan pembelajaran dan bimbingan efektif, kreativ dan inovatif serta progresif dengan sumber belajar yang memadai.
  4. Meningkatkan kualitas baik dilihat dari segi santri maupun asatidz sebagai pendidik serta menjadikan pondok pesantren sebagai pengelola pendidikan.
  5. Mengkader Alim Ulama/guru Agama Islam / Muslim Berakhlaqul karimah untuk penerus pendidik di ribath nurul hidayah dan masyarakat Islam pada Umumnya.
  6. Menghimpun santri untuk keperluan pembinaan dan pengembangan secara optimal di bidang keilmuan keislaman dan dan iptek.
  7. Menjadi pusat unggulan (dalam arti khusus) sehingga tercipta persaingan yang sehat dan mandiri.
  8. Memproduksi peserta didik yang memiliki tingkat keberhasilan keilmuan yang maksimal.
Program Pengembangan Masyarakat
Pemberdayaan sumberdaya manusia, Ribath Nurul Hidayah memberikan pelatihan khusus dan kesempatan Berdakwah di beberapa tempat yang telah ditentukan dan disesuaikan dengan kepentingan pengembangan Ribath Nurul Hidayah Para santri dikirim ke beberapa wilayah di kabupaten Tegal dan wilayah lainnya,. Program ini juga diwujudkan dengan menyelenggarakan pengajian mingguan untuk masyarakat sekitar yang langsung diampu oleh Asy Syaikhina Abuyya Al habib Sholeh bin Ali Al Atthas. Hal ini merupakan bentuk kepedulian Ribath Nurul Hidayah kepada masyarakat sekitar lokasi Pesantren. Dengan begitu Pesantren berfungsi sebagai fasilitator dan instrument.
Di samping menjadi agen taffaqquh fiddin, pesantren juga menjadi agen pengembangan masyarakat. Peran serta dan kontribusi Pesantren dalam bidang ini tidak diragukan lagi. Sekedar menunjuk bukti, banyak para alumni Pesantren yang menjadi tokoh masyarakat, pejabat pemerintah serta profrsi lainnya yang berhubungan langsung dengan pengembangan dan pendayagunaan masyarakat.
Sebagai agen perubahan (agent of social change) Sebagai agen perubahan sosial, Ribath Nurul Hidayah dituntut untuk memproduksi manusia yang berakhlaqul karimah, beriman dan bertaqwa serta mampu menjadi embun penyejuk di atas kondisi dekadensi moral atau moral hazard.
Sebagai pusat unggulan Ribath Nurul Hidayah tidak boleh menjadi sekedar lembaga keagamaan dan pendidikan saja. Tetapi bahkan juga sebagai lembaga pengembangan masyarakat. Dengan multifunsi seperti ini Ribath Nurul Hudayah menjadi pusat unggulan, baik dalam hal pendidikan keislaman maupun pengembangan masyarakat.
0 Responses

Posting Komentar